PANCARAN MENTARI DI PUNCAK TERTINGGI




Jika kita lihat foto di samping, anda pasti dapat langsung menebak bahwa foto tersebut adalah foto sebuah fenomena yang dapat kita lihat setiap pagi, yaitu matahari terbit atau “sunrise”. Foto ini diambil di atas dataran tertinggi di Pulau Jawa, yaitu di atas Puncak Mahameru. Dan hal inilah yang membuat foto ini sangat spesial. Bisa anda lihat sinar jingga yang terpancar dari sang mentari ataupun lautan awan yang membentang luas. Fenomena inilah yang sering diburu oleh pendaki gunung.
Fenomena “sunrise” di puncak gunung memang sangat istimewa. Bukan hanya keindahannya, namun lebih pada perjuangan seorang pendaki untuk dapat menikmati fenomena tersebut. Bisa kita bayangkan, mereka harus berjalan berjam-jam ditengah suhu yang ekstrim ataupun trek yang menanjak dengan beban berat di pundaknya. Ataupun resiko yang dihadapi para pendaki ini, tanah longsor, suhu yang bisa sangat ekstrim, jurang yang menganga, gas beracun, dan segala tantangan yang disajikan oleh alam yang dapat mengancam jiwa para pendaki.
Namun memang menikmati “sunrise” di puncak gunung merupakan kemenangan tersendiri bagi para pendaki. Mungkin seperti memenangkan Piala Dunia bagi kesebelasan suatu Negara. Dan kita dapat sejenak menikmati indahnya “sunrise” dengan duduk di atas batu di puncak dengan lautan awan berada di bawah kita seraya menikmati biskuit atau hanya sekedar makan kremesan mi instan yang kita bawa di ransel kita. Apalagi ditemani sahabat-sahabat yang selalu menemani perjalanan kita. Saat-saat inilah saat yang tidak akan dilupakan oleh setiap pendaki selama hidupnya. Dan mereka pasti ingin mengulang sensasi ini lagi, lagi, dan lagi.
Mendaki gunung memang tidak mudah. Banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi, baik itu rintangan dari alam maupun ego atau kesombongan dari diri kita. Bahkan memang sebenarnya ego kita-lah yang sebenarnya harus kita taklukkan (it is not the mountain we conquer, but ourself). Kadang ketika kita mendaki gunung, ada rasa putus asa yang menyerang otak kita. Namun ingatlah bahwa ada fenomena yang tidak akan kita lupakan seumur hidup kita menunggu di puncak. Untuk itu siapkan mental, rencanakan perjalanan, siapkan logistik, dan nikmati keindahannya.

0 komentar:

Posting Komentar